Thursday, September 26, 2013

Belajar di ‘Londo’

Tulisan ini akan memberi Gambaran Anda mengenai belajar di negara Belanda. Saya menuliskan Londo hanya untuk alasan sentimen sejarah. Baru-baru saya baru saja pulang dari sana dan ada banyak hal yang ingin saya bagi dengan Anda seperti yang akan saya jabarkan di bawah ini.

Belajar di negri asing selalu menyenangkan bagi saya. Salah satu alasan utamanya adalah pengalaman ini menuntut keterbukaan pikiran akan pengalaman baru yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Salah satu langkah terpenting adalah dengan mencari tahu informasi jurusan apa saja yang ada di sana. Dalam hal ini Anda dapat mencari tahu melalui situs StudyinHolland.nl. Ada berbagai informasi di sana mulai dari jurusan, alamat website universitas, cara-cara aplikasi untuk short course, s1,s2 dan bahkan s3. Cara lain untuk mencari tahu adalah dengan mengikuti pameran pendidikan Belanda yang sering kali di adakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Jogja, Surabaya, dan Medan. Berita mengenai hal ini dapat diketahui di koran-koran besar seperti Kompas.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah browsing di universitas yang bersangkutan. Cara ini sedikit memakan waktu dan ketekunan. Karena kita harus mencari tahu informasi setiap universitas satu per satu dan lebih detil lagi per institusi penelitian atau yang menawarkan beasiswa. Setiap universitas memiliki program unggulannya masing-masing. Universitas Wageningen terkenal untuk jurusan yang terkait dengan teknologi pangan, lingkungan, dan kehutanan.

Salah satu cara yang saya lakukan adalah melakukan registrasi di salah satu lembaga yang menyediakan berbagai macam short course seperti yang ditawarkan CDI (Centre for Development and Innovation, Wageningen University (Wageningenur.nl). Sejak register beberapa tahun lalu sampai dengan sekarang saya masih selalu terupdate jenis short course apa saja yang akan mereka lakukan. Mayoritas, kalau tidak bisa saya katakan semua, course berbeasiswa seperti dari Nuffic (Internasional) dan Stuned (khusus Indonesia).
Jika Anda berminat untuk melakukan studi di level pendidikan S3 (doctoral) atau bahkan post doctoral maka website Academictransfer.com dapat menjadi alternatif yang baik. Ada berbagai macam jurusan yang dapat Anda cari di sana. Dan jenis lowongan yang ditawarkan di sana adalah jenis pendidikan yang mengharuskan Anda untuk tinggal di sana sebagai fulltime. Anda juga akan diperlakukan sebagai pegawai bukan sebagai penerima beasiswa. Situs ini juga memberikan informasi mengenai lowongan di luar dunia akademik. Jadi silakan mengeksplorasi situs ini.

Setelah Anda mendapatkan informasi bahwa Anda diterima dan mendapatkan beasiswa (jika memerlukan) maka Anda dapat mengikuti Predeparture briefing yang diadakan oleh Kedutaan Belanda. Kegiatan ini biasanya dilakukan di awal tahun ajaran sekitar bulan Agustus. Dan di sana Anda Akan mendapatkan berbagai informasi dasar mengenai belajar di Belanda.

Metode yang digunakan dalam predeparture briefing ini sama sekali tidak membosankan mulai dari kuis hal-hal yang terkait dengan Belanda. Pada saat saya mengikuti (Agustus 2013) seluruh peserta diminta berdiri dengan mengenakan topi ‘oranje’. Setiap pertanyaan Anda hanya diminta untuk menjawab dengan tetap mengenakan topi jika Benar atau Anda setuju dengan pernyataan tersebut dan melepas topi jika sebaliknya. Pertanyaan yang disampaikan bervariasi mulai dari kerajaan Belanda, hasil laga sepak bola Belanda, nama pemain sepak bola sampai dengan jumlah penduduk Belanda terkini. Peserta yang menjawab salah diminta dengan supportive untuk kembali duduk di kursi masing-masing.

Metode lain yang disampaikan adalah dengan teater yang dimainkan oleh para alumni Universitas Belanda. Teater ini memberikan informasi mulai dari keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta sampai dengan kedatangan di Bandara Schipol plus bonus gambaran mahasiswa Indonesia yang suka menggerombol, datang terlambat, shopping dan foto-foto. Beberapa label mahasiswa Indonesia tersebut ditunjukkan untuk memberi gambaran kepada calon mahasiswa baru agar dapat bergaul dengan masyarakat Belanda dengan lebih terbuka dan bisa mengikuti budaya di sana yang cenderung tepat waktu dan bebas menerima pertanyaan apapun itu. Slogan mereka adalah tidak ada pertanyaan yang bodoh.

Penjabaran umum mengenai Belanda juga diberikan seperti bahwa orang Belanda mengaku bangga dengan ukuran tubuh mereka yang jumbo, tanah yang kebanyakan di bawah permukaan air laut, nyaris tidak ada pegunungan sama sekali. Anda akan belajar untuk sedikit ‘merendahkan’ istilah bukit/gunung atau jauh dekat ketika orang Belanda menerangkan hal tersebut kepada Anda. Hal ini didukung dengan fakta bahwa negara tersebut nyaris ‘flat’ dengan luas yang terbatas.

Sesi terakhir yang diberikan adalah dengan mengelompokkan Anda ke dalam beberapa group terkait dengan kota tempat Anda akan menempuh pendidikan Anda. Dalam sesi ini, kedutaan Belanda juga bekerja sama dengan alumni-alumni untuk memberikan penjelasan terkait hal spesifik yang akan mereka butuhkan di kota masing-masing. Tips-tips yang relevan dan mudah diobral oleh kakak kelas Anda di sana. Jadi jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Dan Anda juga dapat mendaftar untuk menjadi anggota PPI Belanda. PPI Belanda cabang kota Anda akan mengontak Anda sebelum kedatangan dan menanyakan apakah memerlukan penjemputan atau tidak dan informasi praktis lain yang sangat Anda perlukan.


Enjoy your Study in the Netherland!

No comments: