Saturday, August 09, 2014

Buka Bersama dan Sharing Mahasiswa Baru dan Alumni Swedia [Chapter Jogja]

Pada saat ini seharusnya momen halal bihalal yang lebih tepat untuk dijadikan bahan tulisan. Namun Sayangnya kurang tepat mengingat pada saat ini kebanyakan Mahasiswa –Mahasiswi Baru tersebut sudah akan menjejakkan kakinya di Tanah Swedia. Oleh Karena itu, kegiatan ini telah berlangsung beberapa saat yang lalu tepatnya hari Jumat, 11 Juli 2014.

Sesuai dengan semboyan negara tempat mereka akan menuntut ilmu ‘Lagom’ yang berarti secukupnya, sedang-sedang saja, tidak berlebihan.Kami memilih sebuah cafe sederhana di daerah Yap Square bernama ‘Mooi Kitchen’ di Kota Yogyakarta.  Pukul 17.00 kami berusaha untuk tetap menuju tempat tersebut meski hujan deras mengguyur kota Yogyakarta.

Kami mendapat informasi bahwa tahun ini ada sekitar 80 orang mahasiswa(i) yang berangkat ke Swedia. Jumlah yang cukup banyak dibandingkand dengan periode-periode sebelumnya. Penerima Beasiswa SI sendiri ada 8 orang dan dua diantaranya menghadiri acara ini. Dua Mahasiswa tersebut akan berkuliah di Linkoping Univ (Child Study) dan Karolinska Institute (Global Health).

Selain itu, Alumni dan mahasiswa baru yang hadir ada enam orang yang lain yang berafiliasi dengan beberapa univ diantaranya adalah Umea Univ, Lulea Univ, Chalmers, dan KTH. Jurusan yang akan atau telah diambil pun bermacam-macam mulai dari Global health/public health, child study, IT, Chemi technic sampai dengan Energy for smart city. Sayangnya, Dua teman-teman kita berhalangan hadir karena beberapa kendala dan berasal dari luar Jogja yaitu Purworkerto dan Solo.

Acara berlangsung dengan sederhana namun penuh keakraban dimulai dengan perkenalan dan bercerita mengenai minat dan gambaran bersekolah di Swedia. Informasi seperti bagaimana iklim di Swedia, bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan, cara sederhana untuk bertahan di sana sampai dengan tips bagaimana untuk bergaul dengan orang Swedia dan hidup di lingkungan internasional.


Bercengkrama sambil menikmati menu berbuka puasa terasa sangat menyengkan. Sesekali forum terpecah menjadi kelompok yang lebih kecil. Apalagi kehadiran teman, pasangan, dan putra ikut menyemarakkan suasana sehingga sesekali kami menengok ke arah si kecil Fattah (Putra dari Mutiara-Fadjar Wibowo) yang menarik perhatian. Sampai akhirnya acarapun di tutup pada pukul kurang lebih 20.00. Kami mengucapkan selamat jalan dan sukses untuk teman-teman yang akan memulai study di Swedia. Mudah-mudahan di tahun yang akan datang acara serupa dapat diadakan lagi dengan persiapan dan konsep yang lebih bagus lagi.

No comments: